Selasa, 02 Maret 2021

Cegah Banjir Brigif 4 Mar/BS Laksanakan Normalisasi Sungai


Pesawaran -  Lenteratv -Brigade Infanteri 4 Marinir/BS melakukan normalisasi sungai di Ksatrian Markas Komando (Mako) Harimau Sumatera, Piabung, Pesawaran. 

Normalisasi sungai dilakukan guna mengantisipasi banjir yang kerap terjadi saat musim penghujan tiba. 

Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi mengatakan, kegiatan normalisasi sungai ini berfokus pada pengangkatan sampah dan juga penumpukan sedimen yang terjadi di sungai. 

"Selain itu, kegiatan ini  di laksanakan sebagai upaya pencegahan banjir karena markas kita di lalui satu sungai, dan mengingat saat ini curah hujan di daerah kita cukup tinggi maka dari itu kita lakukan normalisasi ini," ujarnya, Rabu, 3 Maret 2021. 

Danbrigif berharap normalisasi sungai mampu mengurangi resiko banjir meskipun curah hujan cukup tinggi. 

"Semua sampah dan endapan tanah di sungai kita angkat agar tidak menyumbat aliran air dan saya rasa ini merupakan langkah tepat sebagai antisipasi pencegahan banjir yang kerap terjadi pada musim penghujan" tambahnya. 

Pekerjaan normalisai sungai ini di lakukan oleh personel Brigif 4 Mar/BS  di bawah pengawasan Perwira Staff Operasi (Pasops) Brigif 4 Mar/BS Letkol Marinir James Munthe. 

Pasops menambahkan normalisasi sungai kita lakukan dengan membersihkan segala sesuatu yang menghambat aliran sungai. 

"Untuk pengerjaannya kita menggunakan satu alat berat untuk mengangkat sampah dan lumpur agar alairan air yang berasal dari gunung lancar dan langsung menuju laut," pungkasnya.(Red -Lentera)

Give us your opinion