Kamis, 30 September 2021

Kunker ke Kab Mesuji, Ibu Riana Sari Ajak PKK Jadi Inisiator Pelopor Perubahan


MESUJI - LENTERATV

 Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengajak jajaran PKK Kabupaten Mesuji menjadi inisiator gerakan perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik.


Hal itu disampaikan Ibu Riana saat melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Mesuji di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Desa Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (30/9/2021). 


Kegiatan ini mengusung tema "Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan". 


"Gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini," ujar Ibu Riana. 


Kedatangan Ibu Riana disambut para siswa siswi pramuka, dilanjutkan dengan melaksanakan Senam Lampung Berjaya bersama. 


Ibu Riana mengatakan pandemi Covid-19, membawa dampak luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Lampung.   

Namun dengan pandemi ini, menurutnya, menjadikan masyarakat saling menguatkan, bergotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama. 


"Dan ini menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini," katanya. 


Ibu Riana mengatakan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung sendiri juga terus bersinergi melaksanakan kegiatan dan pembinaan organisasi tingkat kabupaten/kota termasuk dalam upaya penanganan Covid-19. 


Kegiatan ini juga terintegrasi dengan 6 organisasi lainnya yaitu Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi dan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS). Selanjutnya, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi), Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Palang Merah Indonesia (PMI). 


Seperti pada LKKS melalui kegiatan peningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang disekitar akibat pandemi dan melakukan pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua dampak pandemi Covid-19. 


Kemudian, pada kegiatan PMI salah satunya mendorong pelaksanaan donor plasma konvalesen untuk pasien penderita Covid-19. 


"Saya sangat berharap dapat terjalin kerjasama antar organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat," katanya. 


Ibu Riana mengajak masyarakat Mesuji untuk terus disiplin dalam menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. 


"Tetap semangat, lindungi diri, lindungi keluarga dan lindungi sesama untuk Lampung Berjaya. Insya Allah dengan semangat dan kerjasama kita, kita akan mampu melewati pandemi ini," katanya. 


Pada kesempatan lain, Ibu Riana meneteskan air mata saat melihat persembahan drama musikal dari anak-anak penyandang disabilitas. 


Ibu Riana mendapat kado spesial berupa lukisan wajah dirinya dari Dika anak penyandang disabilitas asal sekolah SLB N Mesuji. 


Sementara itu, Bupati Mesuji Saply TH mengatakan kehadiran Ibu Riana di Mesuji diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Mesuji. 


Ia juga berharap adanya masukan dan saran serta bertukar pikiran dalam upaya mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mesuji. 


"Dengan kunjungan kerja ini kami berharap akan memperat koordinasi dan kerjasama yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Mesuji dan terakomodir lewat program Tim PKK dan organisasi terkait lainnya," ujar Saply. 


Pada acara ini, Ibu Riana menyerahkan bantuan untuk pondok pesantren, panti asuhan, bantuan untuk ibu hamil, kepada kelompok wanita tani (KWT), PKK Desa, korban Covid-19, para perajin, perpustakaan desa, masyarakat tidak mampu (lansia dan balita) dan atlet anak disabilitas. Juga mengunjungi seluruh stand yang digelar di lokasi acara tersebut seperti stand Dekranasda dan stand Pokja yang berisi hasil-hasil dari UMKM.(Red - Lentera) 

Give us your opinion